NUR RAHASIA DIRI

Bermula Nur itu dua.
Satu Nur pada Khariz dan kedua Nur pada zihin.
Pada ibarat saja bukan ianya pada makna dan makna Nur itu satu jua seperti kata Mursid.
Yakni satu Nur yang nyata bagi diri kamu itu ghaib ia dengan segala Asma dan satu Nur yang nyata bagi diri kamu bekasnya daripada langit dan bumi syurga neraka.
Maka Nur yang awal itu Maujud pada Khariz dan Nur yang kedua itu Maujud pada Zihin, murad dengan bekasnya itu bagaimana kenyataan dalam sanubari itu ataupun sebagainya.
.
Murad dengan Nur itu suci dan tahkid dan tetap barang itu adanya dan terangnya ada.
.
Sabda Nabi Shalallahu Alaihi Wassalam ;
Yakni bahwasanya di dalam jasad Anak Adam ada segumpal daging, apabila baik ia niscaya baik sekalian badan dan apabila binasa niscaya binasa sekalian badan
.
dan kata Imam Ghazali Rahmatullahi Taala ;
Bahwasanya, telah nyata dengan hadith Nabi Shalallahu Alaihi Wassalam ini, bahwasanya asal kemuliaan manusia itu ialah hati.
Maka adapun hati itu seperti raja yang diikuti di dalam alam jasad itu.
Dan segala anggota yang zahir yakni lain daripada hati itu tenteranya yang mengikut akan dia. Yakni hati itu seperti raja dan badan itu seperti negeri tempat kerajaan dan segala anggota yang zahir itu seperti tenteranya dan murad dengan anggota yang zahir itu yaitu seperti mata dan hidung dan teliga dan lidah dan tangan dan faraj dan perut dan kaki
.
Shahdan bermula Lafaz Qolbi dan Lafaz Ruh dan Lafaz Hati dan Lafaz Nafas dan Lafaz Akal itu sebab inilah menyatakan Imam Ghazali Rahmatullahi Ta'ala dengan katanya ;
Yakni mengenal hati dan makna ruh dan makna nafas dan makna akal.
.
Adapun Lafaz Qolbi yakni hati iaitu di ithlakkan (semata-mata) bagi dua makna.
Pertama - Daging, rupanya seperti buah kayu sanubari yang ditaruh dalam pihak kiri pada dada dan di dalam bathin itu berlubang tempat diam darah yang hitam yaitu tempat terbit Ruh dan tempat keluarnya.
Dan daging yang dinamakan hati yang di atas rupa buah kayu sanubari itu ada pula bagi binatang dan bagi orang-orang mati.
.
Arti makna yang kedua itu Latiful Rabbaniah Ruhaniah yakni jisim yang halus yang dibangsakan kepada Tuhannya, ya itulah Haqiqat Ruh manusia seperti friman Allah Ta'ala artinya:
Katakanlah oleh mu Ya Muhammad, bermula Ruh itu perbuatan Tuhanku dan adalah baginya berhubung dengan daging yang bernama hati sanubari dan adalah hati yang bernama Latiful Rabbaniah ini yaitu yang mengetahui akan Allah Ta'ala yang mendapat ia bagi barang yang tiada mendapat akan dia oleh khayal dan waham maka ada pun hati yang bernama Latifatul Rabbaniah itu ia itulah Hakikat Insan dan yang di Qhitab (ditentukan) oleh Allah Ta'ala di dalam Alam Ruh dengan katanya (+) Alastu Birabbikum (+) jawab Qolubala (+) dan adapun yang bernama Ruh Thobii namanya dan yaitu seperti asap yang tempat ternyatanya darah yang hitam yang di dalam bathin daging dan terhembur dengan segala urat-urat yang bergerak dan urat-urat yang memalu-malu di dalam segala suku-suku sekelian badan.
Yakni dimisalkan itu seperti cahaya pelita di dalam rumah karena terang segala penjuru yang di dalam rumah itu ialah daripada cahaya pelita itunya jua.
.
Maka yang dikehendaki oleh segala ahli tholib dengan ithlak akandia itu akan Ruh Thobii itu Ruh Hawaini (++) dan dengan dialah hidup sekalian haiwan ini dengan dia itu keluar masuk segala nafas dan dengan dialah kekal darah di dalam sekalian badan dan apabila terbit Ruh Thobii itu daripada badan maka ia itu matilah sekalian badan dan putuslah nafas dan hilanglah darahnya.
.
Adapun Latiful Rabbaniah yakni jisim yang halus maujud ia di dalam badan yang dibangsakan kepada perbuatan Tuhan yaitu makna Haqiqat Hati dan adapun Ruh dan Qolbi itu kedua-duanya itu atau bilangan dengan makna yang satu yaitu dinamakan AlLatifatulRabbaniah yang tersebut dahulu itu di datangkan kedua-duanya itu atas anuar yang satu pada hal tiada berbeda dan tiada berlainannya pada ibarat makna yang pertama jua dan kepada makna yang kedua itu karena haqiqat Ruh itu tiada mengetahui akan dia melainkan Allah Ta'ala ataupun orang yang diberi ilmu laduni namanya.
Wallahu A'lam.

Postingan populer dari blog ini

KUNCI RAHASIA KUN FAYAKUN

NAFAS LAM JALALAH

MAKNA RAHASIA ALIF