Penjelasan Arti makna menduakan Allah

Penjelasan Arti makna menduakan Allah
Adalah menduakan segala kekuasaan dan kendali Allah seakan-akan Allah tidak sendirian mengatur mengendalikan segala sesuatu maka dimana Esa nya Allah, karena menurut akal manusia bahwa Allah itu seperti Raja duduk diatas langit mengawasi manusia, jika demikian artinya ada Dua kekuasaan, kuasa manusia dan kuasa Allah, padahal tiada bergerak apapun tanpa izin Allah lalu bagaimana manusia bergerak jika tanpa kuasa kendali Allah? Maka benar bahwa sebenarnya manusia itu benda mati dan yang Maha Hidup itu wajib hanyalah Allah.
.
Jika semuanya dipahami maka penyerahan sepenuhnya tercapai, dzahirlah keikhlasan keridhoan atas segala kejadian yang terjadi atas manusia itu, sebab kesadaran akalnya memahami bahwa tiada terlepas satu dzarahpun atas jasadnya tanpa kuasa kendali Allah.
.
Seiring waktu manusia yang memahami ini semakin hari semakin memahami hingga ia merasa benar-benar Faqir tiada memiliki apa-apa, Faqir ini artinya tiada merasa atau memiliki apapun atas yang ada pada dirinya kecuali milik Allah, termasuk segala kejadian dalam kehidupannya dalam kuasa kendali Allah.
.
Ini ialah awal bagi yang baru belajar memahami ilmu Allah, belajar melenyapkan keberhalaan atas segala yang ada dan dijalani, berhala ini ialah sesuatu yang dipahami seakan-akan diluar kuasa kendali Allah termasuk segala wujud, bentuk, warna, nama atau apapun istilah.
.
Manusia berkata tiada yang lain kecuali Allah tetapi masih ada keberhalaan akalnya yang merasa jauh dari Allah...
.
Makna jauh dari Allah disini artinya dengan sengaja mencerai memisah kekuasaan Allah atas segala yang manusia perbuat.
.
Allah yang menciptakan segala perbuatan baik dan buruk dan Allah pula yang mengendalikan keduanya, kenapa baik dan buruk harus ada? Disinilah cara Allah membuat mengendalikan dan menguasai keseimbangan alam ini.
.
Maka dikatakan Alam ini kosong sebab yang ada hanya Allah Yang Maha Hidup Berkekalan, Maha Tunggal tiada sekutu bagi Allah meskipun itu kuasa hidup seekor semut.
.
Jika dialam ini hanya ada Allah bagaimana bisa ada sebutan nama lain seperti manusia dan makhluk seperti malaikat jin iblis dan hewan? Maka yang nampak dilihat itu ialah hiasan bagian dari ketunggalan Allah Yang Agung.
.
Jika semuanya Allah maka segalanya akan musnah arti musnah disini tiada berkekalan, maka segala sesuatu selain Allah tidak akan pernah ada terdzahir sekalipun itu sebutir debu.

Postingan populer dari blog ini

KUNCI RAHASIA KUN FAYAKUN

NAFAS LAM JALALAH

MAKNA RAHASIA ALIF