DZAT WAJIBUL WUJUD

Maha suci Allah dari segala macam perumpamaan. Walaupun demikian di dalam Al Qur'an, keberadaan Wujud Allah merupakan keberadaan Wujud yang paling Meliputi Segalanya. Setiap yang berwujud akan mempunyai Nama dan Sifat.
.
"Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya-Nya adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang banyak berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang Dia kehendaki, dan Allah memperbuat per­umpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Mahamengetahui segala sesuatu".
(QS. An-Nur : 35)
.
"(Cahaya itu menerangi ) rumah-rumah di dalamnya Allah berkenan untuk dihormati dan disebut Namanya dan bertasbih disetiap waktu pagi dan petang"
(Qs.An-Nur : 36).
.
Keberadaan (kehadiran) Dzat yang meliputi segalanya disebut Wujud Idhofi, dinamakan juga bayangan.
Sesuai firman Allah :
"Apakah kamu tidak memperhatikan Allah memanjangkan bayang-bayang-Nya"
(Qs.Al-Furqaan : 45 ).
.
Agar Allah boleh menyatakan bayangan Dirinya Sendiri, maka Dia telah membuat cermin-cermin yang beraneka ragam dari Dirinya Sendiri. Segala sesuatu yang ada di Alam semesta ini adalah merupakan cermin-cermin tersebut. Cermin yang baik adalah cermin yang mempunyai dua sisi, yaitu sisi terang dan sisi gelap (sifat Jamal dan sifat Jalal).
Dalam hal ini ternyata manusia mempunyai sifat seperti cermin tersebut, karena manusiapun mempunyai dua sisi, yaitu Qalbu sebagai sisi terang dan Jasmani sebagai sisi gelap. Semakin terang Qalbu, semakin jelas pula Qalbu menyatakan Allah sesuai dengan Hadits Qudsi :
"Aku tidak boleh berada di bumi ataupun di langit, tapi aku boleh berada dalam hati seorang mukmin yang benar"
(HADITS).
.
"Di dalam setiap rongga anak Adam, Aku ciptakan suatu mahligai yang disebut dada, di dalam dada ada qalbu, di dalam qalbu ada fuad, di dalam fuad ada jantung, di dalam jantung ada sir, di dalam sir ada Aku tempat Aku menyimpan Rahasia" …
(HADITS)
.
Setiap cermin tidak ambil bagian dalam pengamatan, cahaya yang terang benderang dan kegelapan cermin merupakan alat pengamatan. Walaupun cerminnya beraneka ragam, namun Wajah Sang Pengamat Tetap Tunggal. Bila kemudian cerminnya hancur luluh, Wajah Sang Pengamat Tetap Kekal Abadi ….

Postingan populer dari blog ini

KUNCI RAHASIA KUN FAYAKUN

NAFAS LAM JALALAH

MAKNA RAHASIA ALIF