Wilayah Diri

al-haqq jalla jalaaluhu benar-benar menyingkapkan diri dan menampak dalam segala sesuatu, lalu tersembunyi dalam penampakan-nya.maka selainnya tidak tampak dan tidak pula tersingkap, kecuali dengan cahaya keagungan dan kemegahan-nya.
bila demikian, maka akan lebih jelas. dalam 'hairat, aku menuturkan :
"tidak tampak nyata, dalam wujud semesta selain kemegahan dzat-nya dan tidaklah aku terhijab kecuali dengan hijab kerahasiaan-nya."
demikian sampai akhir qasidah. allah berfirman :
" dialah yang maha awal dan maha akhir, maha zhahir dan maha bathin,
(QS, al-hadid {57}:3).
artinya, dialah yang maha awal tanpa permulaan, maha akhir tanpa puncak ke-akhir-an. maha zhahir dengan sarana penyingkapan-nya yaitu rahasia-rahasia dzat dan cahaya-cahaya sipat-sipat-nya. dialah maha bathin dalam esensi penampakan-nya.dia tampak dengan dzat-nya dan bersama dengan atsar sipat-sipat-nya.
dalam al-hikam disebutkan :
"dia tampakan segala sesuatu karena dia sang maha bathin dia lipat wujud segala sesuatu karena dialah sang maha zhahir dia tampakan rasa ada wujud-wujud ciptaan dengan nama-nya, al-bathin. dia lipat wujud segala sesuatu dengan nama nya, az-zhahir karena tidak ada yang tampak nyata bersamanya.
permasalahan ini tidak bisa dipahami kecuali oleh orang-orang yang telah merasakan rasa-rasa maknawi ruhaniah. yaitu, mereka yang sudah bisa menetapkan adanya dua sipat berlawanan dalam penampakan yang tunggal dan memberikan masing-masing pihak apa yang menjadi haq-nya. bagi orang-orang yang belum mencapai maqam mereka, cukup dengan berpasrah, menurut apa yang telah mereka perlambangkan.
bila kamu tidak melihat hilal pasrah lahpad orang-orang yang melihat-nya dengan mata kepalamya.

Postingan populer dari blog ini

KUNCI RAHASIA KUN FAYAKUN

NAFAS LAM JALALAH

MAKNA RAHASIA ALIF