Seribu Cermin Kehidupan

Paham WAHDAT AL WUJUD ialah DIZAUQ dari kalimat TAUHID
 
"LAA ILAHA ILLALLALLAH",

Yakni keesaan WUJUD, maksudnya tiada WUJUD selain AKU di ALAM ini, sedang WUJUD segenap ALAM adalah bersifat bayang-bayang atau MAJAZI yang diartikan tidak ada sesuatu pun yang memiliki WUJUD HAKIKI kecuali AKU.


-Sementara alam atau segala sesuatu selain AKU keberadaannya adalah karena DIWUJUDKAN oleh-KU.


Karena dilihat dari segi keberadaan-KU dengan DIRI-KU sendiri, ALAM itu tidak ada (ma'dum) tetapi jika dilihat dari segi "keberadaan-KU karena WUJUD AKU" maka jelaslah bahwa ALAM itu ada (maujud) atau lebih tepatnya alam hanyalah bayang-bayang Aku, Artinya tak akan ada gambar bayangan bila tidak ada WUJUD benda yang membayanginya.


-Yang dimaksud kesatuan wujud dalam faham WAHDAT AL WUJUD secara esensialnya adalah WAHDATUS SYUHUD 
(kesatuan penyaksian), bukan Aku menjadi WUJUD makhluk atau bertempat didalam makhluk, AKU itu tiada bertempat atau mengambil tempat di segenap ALAM ini, namun AKU Meliputi segenap ALAM ini,


"HUWAL AWWALU WAL AKHIRU WAL ZAHIRU WAL BATHINU WA HUWA BI KULLI SYAI'IN ALIM"

 (Aku yang awal Aku yang Akhir Aku yang zahir Aku yang Bathin dan Aku meliputi segala alam)

-
Sesungguhnya seluruh alam semesta ini diciptakan dari Nur Muhammad dan Nur Muhammad dari Nur-Ku, namun semua perwujudannya hanya tampil sebagai bayang-bayang saja, ibarat terang dan gelap, jauh dan dekat, baik dan buruk, siang dan malam.

-Jika seorang tidak mampu melihat Aku yang meliputi cahaya di balik semua gambaran yang bekerlap-kerlip ini, berarti ia sebenarnya masih dalam kebingungan terhadap bayang-bayang eksistensial dan awan-awan realitas yang berubah-ubah.

Jalaluddin Rumi menuliskan didalam bait Syair Puisinya :
Nabi bersabda bahwa Kebenaran telah dinyatakan :


"Aku tidak tersembunyi, tinggi atau rendah Tidak di bumi, langit atau singgasana. Ini kepastian, wahai kekasih, Aku tersembunyi di qalbu orang yang beriman. Jika kau mencari Aku, carilah di qalbu-qalbu ini."-

Aku telah menjadikan hati manusia sebagai wadah untuk memandang kepada hamba-Ku dan sekaligus tempat memandang hamba kepada Akunya


Ibarat hati itu laksana cermin dan Aku laksana Matahari. Engkau tidak akan mampu melihat matahari secara langsung, tetapi engkau hanya bisa melihat matahari hanya melalui cermin, di dalam cermin itu engkau dapat menyaksikan gambar atau bentuk matahari

Ibn arabi berkata : 

"MAKHLUK INI HANYALAH MAJAZI (bayangan) DAN BILA DIPERBANYAK CERMINNYA MAKA TERLIHAT BANYAKLAH MAKHLUK"


Jadi jika engkau letakkan seribu cermin itu, maka pada setiap cermin akan engkau lihat bentuk matahari, namun yang engkau lihat itu bukan matahari yang sesungguhnya tetapi hanya pantulan cahayanya saja, matahari yang sesungguhnya hanya satu yang tak mampu engkau lihat karena keterbatasan mata di dalam memandangnya, dikarenakan sangat terangnya cahaya matahari itu.

Postingan populer dari blog ini

KUNCI RAHASIA KUN FAYAKUN

NAFAS LAM JALALAH

MAKNA RAHASIA ALIF