MENSUCIKAN HATI

"KETAHUILAH, BAHWASANYA DIDALAM TUBUH SESEORANG ITU ADA SEGUMPAL DAGING, YANG APABILA SEGUMPAL DAGING ITU BERSIH, BERSIHLAH TUBUH SEMUANYA, DAN APABILA RUSAK, RUSAKLAH TUBUH SEMUANYA, DAN KETAHUILAH, DIA ADALAH HATI"
Dan selanjutnya menurut pandangan sufi, hati adalah tempat kedatangan kasyaf (membuka hijab rahasia Allah) dan ilham (tempat petunjuk). Ia berfungsi sebagai alat untuk marifat dan menjadi cermin yang memantulkan (tajalli) makna-makna yang sirr
Adapun yang dimaksud dengan tempat kasyaf atau ilmu batin adalah cahaya yang terang dalam hati yang bersih yang mendatangkan marifatullah yang hakiki, dia adalah suatu cahaya yang menghilangkan tutup (tabir) hingga menjadi jelas kenyataan Allah, sangat jelas sekali sama dengan penglihatan mata yg tidak diragu-ragukan lagi.
Sedangkan yang dimaksud dengan ilham adalah petunjuk dari Allah secara insting atau secara spontanitas yang merupakan perwujudan ilmu laduni. Hati agar dapat selalu bersinar perlu dibersihkan dan alat pembersihnya adalah dzikir kepada Allah, sebagaimana disebutkan dalam hadist:
"BAHWASANYA BAGI TIAP-TIAP SESUATU ITU ADA ALAT UNTUK MENSUCIKAN DAN ALAT UNTUK MENSUCIKAN HATI ITU IALAH ZIKRULLAH"
(Tuak ilahi)

Postingan populer dari blog ini

KUNCI RAHASIA KUN FAYAKUN

NAFAS LAM JALALAH

MAKNA RAHASIA ALIF